Content

PENCAHAYAAN DAN PENEMPATAN LAMPU RUANGAN TIDUR

Pada dasarnya dalam pengaturan ruangan tidur hal yang terakhir dipertimbangkan adalah pencahayaan atau penempatan lampu dalam mendesain sebuah kamar tidur.

untuk menghindari kesalahan dalam pencahayaan ruangan tidur akan menshare beberapa tips yaitu : . 


Jangan Hanya Satu Lampu
Kita sering dalam mendesain ruangan kamar tidur, lampu hanya dibuat satu di langit-langit bagian tengah. Hal ini sebuah kesalahan, karena lampu yang berada tepat di atas akan mengganggu saat Anda beristirahat. 

Buatlah beberapa titik lampu, seperti di dinding atau membuat cove lighting. Cove lighting merupakan pencahayaan tak langsung, dimana lampu diletakkan di drop ceiling. Pencahayaan ini kerap dipakai di kamar tidur karena tak menyilaukan mata. 

“Dengan teknologi lampu LED saat ini, cove lighting bisa dibuat dengan LED strip (lampu yang berbentuk seperti selang panjang-red),” ujar Astrid.

Untuk pencahayaan langsung bisa didapatkan dari downlight di sisi atau pojok ruangan. Bisa juga menambah bed side lamp yang diletakkan di atas meja nakas di kanan-kiri tempat tidur. 

Warna Lampu
Ada dua warna lampu TL dan LED yang beredar di pasaran, yakni putih dan kuning. Menurut Astrid, warna kuning lebih baik dipakai di kamar tidur, karena lebih nyaman di mata.

Penataan Kabel 
Penataan dan penempatan kabel (cabeling) dalam ruangan tidur juga harus diperhatikan. Sebaiknya kabel jangan dibiarkan melintang di lantai atau di dinding, karena selain berisiko tersangkut, juga kurang elok dipandang mata.

sumber : google dan Rumah.com